Serentak, Dua Pasar Muamalah di Depok dan Ketapang. Dirham Perak Berlaku.

Inilah bagian dari keberkahan dan kegembiraan bulan Ramadhan. Di Depok (Jawa Barat) dan Ketapang (Kalimantan Barat), Ahad, 18 Juni 17 baru lalu, berlangsung Pasar Muamalah. Ini disertai dengan pembagian zakat mal berupa dirham perak. Totalnya sekitar 275 Dirham perak.

Di dua  pasar itu alat tukar yang digunakan adalah Dirham perak, uang yang berlandaskan Sunnah Nabi SAW

Di Tanah Baru, Depok, kisaran pukul 16.00 WIB para muslimin telah memadati kawasan pasar yang tak terlalu luas. Pasar berlangsung di halaman Sekolah Muamalah di Depok. Barang dagangan yang dijajakan sangat beragam. Mulai dari sembako, obat-obatan, tas perempuan, jamu kunir asem, kaos dan baju batik, alat-alat dapur, kurma, susu segar asli, sampai kopi pun ikut dijual di pasar.

Sehari sebelum pasar, telah dibagikan Zakatnya, baik di Depok maupun Ketapang. Zakat itu didistribusikan dari Baitul Mal Nusantara danj baitul Mal Mangku Negeri Tanjung Pura, yang juga menarik Zakat dalam bentuk Dinar dan Dirham. Dalam syariat, Zakat yang sahih adalah tatkala ditunaikan dengan Dinar dan Dirham. Setelah zakat ditarik, lalu didistribusikan dalam waktu secepatnya, kepada mustahik.

 

Leave a Reply