Sekolah Muamalah Kaji Haramnya Uang Kertas

Di Sekolah Muamalah, Sabtu 8 Juli 2017 akan dilakukan kajian tentang hukum uang fiat atau uang kertas, bersama IrZaim Saidi, MPA.

Bertempat di Kafe Muamalah, Jalan Tanah Baru Raya No. 7B, Tanah Baru, Depok. Penceramah akan dihadirkan Amir Zaim Saidi, yang memahami bagaimana posisi uang kertas dalam syariat Islam. Penulis buku “Tidak Syar’inya Bank Syariah” itu yang bakal mengupas tuntas permasalahan tersebut.

Jaman ini dianggap era kemajuan. Alat tukar yang berlaku di seantero dunia menggunakan uang kertas, yang diproduksi bank. Hal ini ternyata menimbulkan masalah dari sisi syariat Islam. Pasalnya secara fiqih, uang kertas ternyata mengandung riba yang dalam Islam sudah jelas haram. Bahkan dalam Al Quran, Allah Subhanahuwataala secara tegas memerangi riba.

Hanya pengetahuan tentang keharaman uang kertas, ternyata banyak tak dipahami umat Islam era kini. Berlakunya fiqih kontemporer, yang merupakan fiqih dari kalangan Moderis Islam, ternyata membuat uang kertas menjadi halal. Hal inilah yang merusak penerapan syariat bagi kaum muslimin.

Untuk memahami bagaimana tinjauan keharaman uang kertas dari sisi Islam itulah, Sekolah Muamalah kembali menggelar pengajian pekanan. Kali ini bakalan membahas tuntas tentang posisi uang kertas dari sisi syariat.