10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kandungannya

Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, stemulawak banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan: bahan jamu dan kosmetik, dan obat.

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Banyak sekali manfaat temulawak. Sepuluh di antaranya adalah:

  1. Menurunkan kolesterol

Temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Manfaat temulawak untuk menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu saja sangat berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler di dalam tubuh.

2. Melancarkan ASI

Jamu temulawak sangat baik apabila di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena kandungan antioksidan yang tinggi berguna untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang sangat di perlukan untuk memproduksi asi. Apabila terjadi oksidasi maka produksi asi pada ibu akan berkurang sehingga kualitas asi juga akan menurun.

 3. Mengurangi kelelahan otot

Ramuan ini juga sangat efektif untuk membantu mengatasi kelelahan otot, terutama untuk anda yang sering melakukan latihan serius pada saat fitness.

4. Dapat mengatasi kanker

Jamu temulawak juga sangat efektif untuk mengatasi penyakit kanker payudara, kanker usus, dan juga kanker prostat. Kandungan curcumin yang terdapat pada kandungan yang dimiliki oleh temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Serta dijelaskan juga bahwa hal tersebut mampu menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Ramuan ini juga dapat mengatasi ataupun mengobati berbagai gangguan sistem pencernaan yang menyerupai perut kembung, dyspepsia, serta indisgetion. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi ramuan ini demi mendapatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Dapat meringankan oesteoarthiritis

Manfaat ketiga dari ramuan ini ternyata sudah di jadikan ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit di India sejak ribuan tahun yang lalu. Temulawak atau yang biasanya akrab dengan sebutan curcuma ialah memiliki kemampuan untuk meradakan peradangan, seperti oesteoarthiritis.

 7. Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin yang dimiliki temulawak dinyatakan dapat mengurangi peradangan sendi. Kirkumin akan berperan untuk menghambat perpindahan sel leuksit ke daerah radang dan juga transportasi mediator radang yang di sebut prostaglandin

8. Memelihara fungsi hati

Salah satu manfaat dari ramuan ini ialah untuk menjaga fungsi hati. Karena mengandung katagoga yang memproduksi empedu di dalam hati serta merangsang pengosongan empedu.

9. Meningkatkan nafsu makan

Efek minyak atsiri yang ada pada temulawak yang sifatnya karminativum dapat menambah nafsu makan. Bagi anda yang mempunyai masalah pada nafsu makan cukup dengan rutin mengonsumsi jamu ini secara rutin akan menambah nafsu makan.

10. Pengobatan untuk sakit ginjal

Khasiat jamu temulawak juga dapat mengobati penyakit ginjal dengan mengonsumsi ramuan jamu ini secara rutin akan menghasilkan hasil yang maksimal. Karena di dalam temulawak terdapat nutrisi yang mampu mengobati penyakit ginjal.