14 Manfaat Minyak Kemiri dan 2 Cara Membuatnya

Kemiri  (Aleurites moluccanusa) adalah salah satu bumbu yang dapat dipastikan selalu ada di dapur orang Indonesia.

Tumbuhan kemiri adalah kerabat  singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat.

Tapi, yang paling lazim, yang buat bahan bumjbu dapur dan sejumlah manfata lainnya. Kandungan minyaknya dan unsur atsiri di dalamnya memberikan rasa dan aroma sedap bagi  berbagai masakan. Namun demikian, manfaat kemiri, khususnya setelah diekstrak minyaknya, sangat banyak, bukan cuma sebagai penyedap masakan.

Berikut penjelasan 14  manfaat minyak kemiri, 5 di antaranya adalah manfaat untuk rambut.

  1. Sebagai Bumbu Dapur Penyedap Masakan

Biji kemiri adalah salah satu andalan dan favorit para ibu di rumah untuk masak di dapur. Biji kemiri adalah sumber  aroma dan rasa pada masakan agar lezat ketika disantap. Kandungan asam amino dalam biji kemiri dapat memberikan rasa yang sedap dan enak pada makanan.

  1. Sebagai Obat Tradisional

Secara tradisional banyak masyarakat Indonesia memanfaatkan kemiri sebagai bahan obat, dengan ramuan berbagai herbal lain.  Campuran kemiri terutama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare, sariawan, demam, disentri,dan sakit gigi.

  1. Membuat Awet Muda

Tahukah Anda bahwa dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit dengan melakukan pemijatan ringat secara teratur, dapat mengatasi kulit keriput. Bahkan membuat kulit menjadi lebih rileks dan terlihat muda.

  1. Sebagai Indikator Uji Kualitas Minyak

Dalam menguji kualitas minyak dengan menggunakan polarimeter memerlukan bahan baku utamanya adalah minyak kemiri. Dengan sifatnya yang mudah menguap dibanding lisnseed oil membuat minyak kemiri dijadikan variabel tetap dalam menggantikan peran linseed oil yang sering digunakan dalam cat dan pernis.

  1. Mengatasi Sariawan dan Disentri

Di atas telah disebut kemiri bermanfaat untukmengatasi sariawan dan disentri. Iniberkat kandungan thanin di dalamnya.

  1. Bahan Sabun dan Kosmetik

Minyak kemiri diketahui mampu  menghaluskan kulit dan menghilangkan keriput membuatnya dijadikan bahan kosmetik. Tidak hanya untuk kosmetik, minyak kemiri yang baik untuk kesehatan kulit juga di jadikan bahan pembuatan sabun. Di negara Tonga, sampai sekarang, kemiri yang sudah matang (dinamai tuitui) dijadikan pasta (tukilamulamu), dan digunakan sebagai sabun dan shampoo.

Kemiri juga baik untuk kesehatan kulit kita. Kemiri juga bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kulit yang cerah akan membuat warna kulit terlihat putih alami.

  1. Bahan Campuran Cat dan Pernis

Minyak kemiri bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan cat dan pernis, untuk melapis kertas agar anti-air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lain-lain. Sifat yang mudah menguap membuatnya bisa dijadikan pengganti minyak linseed.

  1. Mencegah Pembentukan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Manfaat minyak kemiri juga cukup baik dalam membantu mengatasi masalah kesehatan organ dalam. Zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri dapat merusak enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, utamanya pada organ hati.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak kemiri juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pada saluran pencernaan seperti masalah diare dan gangguan buang air besar dapat diatasi dengan kemiri. Kini banyak obat tradisional dari minyak kemiri yang bisa Anda beli di apotek atau perusahaan herbal.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Selain kesembilan manfaat diatas, minyak kemiri paling dikenbal bermanfaat untuk urusan rambut. Ada lima manfaat kemiri buat rambut ini.

  1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Secara tradisional minyak kemiri sudah dikenal  lama sebagai penyubur rambut alami. Minyak kemiri yang bagus digunakan untuk menumbuhkan rambut adalah minyak kemiri yang didapat dengan cara dibakar. Minyak kemiri jenis ini lebih sering dikenal dengan nama minyak kemiri bakar, dapat dapat dengan mudah disiapkan sendiri.

  1. Menghitamkan Rambut

Keindahan rambut menjadi dambaan setiap orang. Penampilan seseorang bis aberbeda dengan rambut tebal dan hitam berkilau.   Minyak kemiri, seperti daun orang-aring,  memberikan efek menghitamkan rambut secara alami. Ini sebagai pengganti semir rambut kimia yang selalu membawa efek negatif. Rambut pun malahbisa rontok

  1. Menyuburkan Rambut

Menggunakan minyak kemiri secara teratur dapat merangsang tumbuhnya rambut baru. Rambut yang baru ini dapat tumbuh lebih rapat dengan rambut lainnya. Inilah yang menyebabkan rambut terlihat lebih lebat dan segar.

Rambut baru yang tumbuh ini juga biasanya memiliki volume lebih tebal. Dengan menggunakan minyak kemiri Anda sudah bisa merasakan 3 manfaat, yaitu rambut subur, rambut lebat dan rambut tebal.

  1. Memperlambat Rambut Beruban

Rambut uban umumnya muncul pada usia 50 tahun ke atas. Namun sekarang banyak juga anak muda yang sudah ditumbuhi uban. Hal ini dikarenakan faktor makanan dan penggunaan minyak rambut yang berbahaya.

Bagi Anda yang memiliki uban di usia muda, cobalah gunakan minyak kemiri secara rutin setiap hari. Perlahan uban Anda pasti akan menghilang dan digantikan dengan rambut hitam lebat. Tapi ini tidak berlaku bagi munculkny auban alamiah pada orang berusia tua.

  1. Mencegah Kebotakan

Kebotakan pada rambut adalah hal alamiah, bisanya mulai terjadi saat orang memasuki usia 40an tahun. Tapi selain usia, makanan dan gaya hidup, bahkan stress dapat mempercepat kebotakan. Cegah kebotakan rambut dengan menggunakan minyak kemiri cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kemiri pada rambut dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 – 15 menit. Lakukan hal ini setiap hari,  rambut Anda akan  tumbuh seperti sedia kala.

Setelah mengetahui banyak manfaat yang dimiliki oleh minyak kemiri, sekarang saatnya kita masuk pada pembahasan utama cara membuat minyak kemiri.

CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI

Ada dua cara mudah membuat minyak kemiri, khususnya untuk  penumbuh rambut secara alami. Kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:

Metode “Perasan”

Cara mudah membuat minyak kemiri dengan metode seperti ini akan menghasilkan minyak kemiri yang berwarna bening.

Kelebihan cara mudah membuat minyak kemiri dengan metode ini di antaranya:

  • Cara pengolahannya relatif mudah, sehingga semua orang bisa membuatnya;
  • Hasilnya akan beraroma sedap seperti kemiri goreng;
  • Minyak kemiri akan berwarna bening, sehingga jika dipakai ke kulit kepala tidak akan membuat kulit kepala menjadi kotor;

Sedangkan Kekurangan cara pembuatan metode ini di antaranya:

  • Tidak semua orang akan cocok menggunakan minyak kemiri bening atau campuran;
  • Minyak yang dihasilkan dari metode pembuatan ini relatif sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, orang akan banyak mencampurnya dengan minyak zaitun, minyak argan, atau minyak lainnya supaya hasilnya menjadi lebih banyak;
  • Minyak kemiri perasan yang murni (tidak dicampur dengan minyak yang lain) akan memerlukan waktu yang lama untuk memisahkan santan dari airnya (kurang lebih 24 jam);
  • Proses pengendapan juga tidak boleh terlalu lama. Jika terlalu lama, santannya akan menjadi basi;
  • Khasiat Minyak kemiri yang bening tidak terlalu baik dalam upaya perawatan rambut, baik untuk menghitamkan atau menumbuhkan rambut.

Cara Membuat:

  • Parut blender biji kemiri secara utuh;
  • Tambahkan air secukupnya, lalu diperas;
  • Lakukan metode ini terus menerus, hingga air perasan menjadi bening;
  • Letakkan santan di dalam tempat tertutup, diamkan selama 24 jam;
  • Setelah 24 jam, goreng santan tersebut hingga minyaknya keluar;

Metode “Bakar”

Cara mudah membuat minyak kemiri dengan metode bakar seperti ini akan menghasilkan minyak kemiri yang berwarna hitam.  Kelebihan metode pembuatan ini di antaranya sebagai berikut:

  • Minyak kemiri yang dihasilkan tidak menyebabkan alergi, cocok untuk dipakai semua usia, bahkan pada kulit kepala yang sensitif sekalipun;
  • Minyak kemiri yang dihasilkan bisa dengan cepat menumbuhkan rambut;
  • Selain itu, sangat bagus untuk menumbuhkan dan menyuburkan kembali akar rambut yang telah mati;
  • Ketahanan produk di udara luar lebih lama;
  • Lebih ampuh menguatkan dan memberi nutrisi bagi rambut;
  • Berkhasiat menghitamkan rambut;
  • Bisa juga digunakan untuk menumbuhkan jenggot, kumis, dan jambang

Kekurangan minyak kemiri dengan metode bakar di antaranya:

  • Dengan warnanya yang hitam, bisa mengotori pakaian dan tangan saat pemakaian;
  • Kemiri bakar berbau gosong;

Cara Membuat:

  • Bakar biji kemiri sampai gosong;
  • Sesuaikan jumlah biji kemirinya sesuai dengan kebutuhan Anda;
  • Setelah gosong, lanjutkan dengan blender kemiri hingga keluar minyaknya;
  • Setelah itu, tinggal digunakan untuk perawatan

Cara di atas adalah cara mudah membuat minyak kemiri sendiri. Namun, jika Anda tidak mempunyai waktu luang untukmelakuikannya, doi pasaran tersedia minyak kemiri dengan berbagai merek. Baik yang murni minyak kemiri atau dengan campuran bahan lain seperti pewangi.

 

Leave a Reply