9 Manfaat Kolang-Kaling atau Buah Atep

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.   Kolang kaling berasal dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.  Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan
Kolang kaling mengandung albumin, sejenis protein yang terdapat juga dalam telur. Buah ini juga dilengkapi dengan gelatin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan kolagen. Nutrisi lainnya yang dikandung di dalamnya termasuk kalsium, zat besi, kalium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan serat kasar.

Karenanya buat atep atau kolang-kaling banyak sekali manfaatnya. Antara lain:

 1. Untuk memperkuat tulang
 Pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Jadi hampir sebanding kualitasnya.
Dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.
2. Meremajakan kulit
Gelatin yang terdapat dalam kolang-kaling akan dicerna dan diubah oleh tubuh menjadi kolagen. Kolagen berperan dalam regenerasi kulit, rambut, kuku, tulang, dan otot. Vitamin B di dalamnya juga ikut andil dalam menyehatkan kulit anda

3. Bermanfaat sebagai makanan diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Kadar airnya sangat  tinggi yaitu 94%.
Dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika dimakan.  Pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang.  Karenanya jkolang-kaling sangatbaik bagi makanan diet. Mengenyangkan tapi tidak membuat gemuk, dan mengurangi selera makan karena sudah merasa kenyang.
4. Mengatasi radang sendi.
Buah kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi.
Seseorang yang  dalam proses pengobatan,  dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap harinya. Kolang kaling  dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.
5. Sumber Serat
Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak,  serat ini  bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun.
Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat.
6.   Mencegah sembelit
Sekitar sepertiga bagian kolang kaling merupakan serat kasar, yang baik untuk melancarkan pencernaan. Makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita sembelit. Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain juga dapat melancarkan pencernaan, Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

 7. Memperkuat tulang
Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.
Di dalam kolang kaling terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan Kamu dapat menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.
8. Sumber kalsium
Buah kolang kaling yang kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala.Buah kolang kaling ini dapat dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi.

Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

9.  Sebagai Obat gatal-gatal.
Buah kolang kaling memang sudah diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. Akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan panduan dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.
Dengan khasiat dan manfaat itu banyak-banyaklah mengonsumsikolang-kaling. Banyak cara menyajikan kolang kaling, sekadar direbus, diolah jadi manisan, kolak, minuman segar, campuran kue-kue, dibuat “sate kolang-kaling”, dan sebagainya.

Leave a Reply