9 Manfaat Berjalan Kaki dalam Mencegah Penyakit

Gaya hidup modern membuat orang tak banyak bergerak secara fisik. Ke mana-mana menggunakan kendaran, motor, mobil, dan lain sebagainya, yang membuat gerak alamiah bahkan seperti berjalan kaki menjadi kemewahan. Padahal begitu banyak manfaat berjalan kaki.

Sembilan di antaranya adalah:

1. Memproses Detoksifikasi

Berjalan kaki akan mengeluarkan keringat dari dalam tubuh dengan cukup banyak. Hal ini membentu proses terjadinya detoksifikasi secara alami. Kualitas kesehatan akan meningkat secara umum dan tercegah dariberbagai jenispenyakit.

2. Mencegah Serangan Jantung 
Jalan kaki dengan cepat akan mengalirkan darah ke dalam jantung.
Dengan sering berjalan kaki, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan baik.

3. Mencegah Stroke 
Sebuah penelitian dilakukan pada 70 ribu karyawan yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, hasilnya reiko terserang stroke menurun hingga dua pertiganya.

4. Membakar Lemak 
Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar, kemudian kenaikan berat badan tidak terjadi.

5. Melangsingkan Badan 
Pergerakan kaki hingga seluruh tubuh mampu menurunkan berat badan dan  lemak yang ada diperut anda akan terkikis.  Lakukan jalan kaki rutin selama satu jam.

6. Mencegah Kanker 
Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Jalan kaki juga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

7. Mencegah Osteoporosis 
Osteoporosis tidak cukup dicegah hanya dengan rutin mengonsumsi vitamin D dan  asupan kalsium yang banyak, tubuh juga butuhkan gerak badan dan merlukan waktu paling kurang 15 menit dibawah sinar matahari pagi dan  anda akan terhindar dari osteoporosis.

8. Mencegah Diabetes
Dengan rutin berjalan kaki, mampu mencegah berkembangnya diabetes, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk, selama gula darah bisa terkontrol. Anda hanya butuhkan jalan kaki rutin untuk terus menjaga kebugaran badan dan  terhindar dari diabetes.

9. Mencegah Depresi :
Berjalan kaki dengan cepat akan menimbulkan relaksasi dan rasa gembra. Hal ini bisa meminimalisasi depresi.

Mari biasakan kembali banyak berjalan kaki. Kurangi penggunan kendaraan agar berjalan kaki  tak perlu dilakukan secara khusus. Bila tidak, jadikan berjalan kaki sebagai olah raga harian, setiap pagi.

 

Leave a Reply