7 Manfaat Apotek Hidup Bagi Kesehatan dan 9 Contoh Tanamannya

apotek hidup

Istilah apotek hidup mengacu kepada pemanfaat pekaerangan atau lahan kebun sekitar rumah untukditanami tanaman obat-obatan. Tujuannya untukkeperluan sehari-hari. Banyak skelai tanaman yang memiliki khasiat obat, dan menjadi penghuni Apotik Hidup.

Manfaat Apotik Hidup sangat banyak. Tanaman berkhasiat obat pada umumnyajuga sekaligu sbisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Kecuali tentu saja yang rasanya pahit atau tidak memiliki aroma dan rasa.

Banyak sekali manfaatnya memiliki Apotik Hidup.

1. Mengurangi Bahan Kimia yang Masuk ke dalam Tubuh Kita

Ini jelas sekali. Dengan tanaman herbal dari Apotik Hidup dapat  membantu anda dalam melawan penyakit tersebut, maka otomatis anda harus pergi ke dokter atau rumah sakit untuk berobat. Apabila penyakit anda hanya datang sesekali, maka ini tidak akan menjadi masalah. Namun akan menjadi masalah apabila penyakit anda adalah penyakit yang mudah kambuh. Setiap penyakit anda kambuh, maka anda harus meminum obat. Semanjur-manjurnya obat, tetap saja obat tersebut terbuat dari bahan-bahan kimia. Mengkonsumsi obat dalam jumlah yang tidak wajar akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dengan bertambahnya bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita.

Namun apabila anda memiliki apotek hidup, maka anda dapat mengurangi konsumsi obat-obatan anda, dan beralih untuk mengkonsumsi tanaman-tanaman apotek hidup. Maka secara otomatis, bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh pun akan berkurang, dan kemungkinan untuk memberatkan fungsi organ-organ pun akan ikut berkurang.

2. Apotek Hidup adalah Sumber Obat Tradisional

Banyak sekali jenis tanaman yang mudah ditanam di pekrangan yang berkhasiat obat.

Contoh :

Tanaman lavender

Tanaman ini adalah jenis tanaman yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Seperti kita ketahui, nyamuk dapat menularkan penyakit DBD ke dalam tubuh kita. Nah, dengan menanam lavender, maka nyamuk pun enggan untuk mendekati taman kita, dan anda pun dapat terhindar dari serangan nyamuk yang membawa wabah DBD.

Tanaman Seledri

Tanaman lain yang bisa ditanam sebagai apotek hidup dan mampu mencegah timbulnya penyakit adalah tanaman seledri. Tanaman ini biasanya dicampurkan di dalam sup, atau soto. Tanaman ini ternyata juga dapat berperan sebagai apotek hidup. Manfaat seledri ternyata dapat mencegah timbulnya sel-sel pemicu kanker yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga bisa dikatakan mengkonsumsi seledri dapat mencegah kita untuk terserang penyakit kanker.

Masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa kita ambil manfaatnya dalam mencegah berbagai penyakit baik ringan maupun penyakit kronis.

Daun Dewa

Salah satu contohnya adalah daun dewa. Daun dewa merupakan jenis daun-daunan dengan pohon yang sangat kecil. Daun ini dipercaya bisa menyembuhkan luka luar yang dialami oleh seseorang. Cukup petik beberapa lembar daun ini, lalu kemudian dirajang halus, dan kemudian kompres dan balut bagian tubuh yang terluka dengan daun tersebut.

Mahkota Dewa

Masih dengan nama dewa, ada sebuah tanaman yang berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit keras seperti jantung, dan diabetes. Nama tanaman ini adalah mahkota dewa. Tanaman ini banyak dicari sebagai pengobatan herbal untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut di atas. Selain itu, masih banyak sekali tanaman-tanaman apotek hidup yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit keras sekalipun.

3. Tanaman Apotek Hidup untuk Perawatan Kulit

Tanaman Petai Cina

Salah satu jenis tanaman yang bisa memperhalus kulit anda adalah tanaman lamtoro atau petai cina. Tanaman ini berukuran cukup besar, sehingga anda harus memiliki lahan yang cukup untuk menanam tanaman ini.

Tanaman Jeruk Lemon

Selain itu, ada pula jeruk lemon yang bisa anda tanam dengan lebih mudah. Manfaat lemon, selain berguna sebagai penambah daya tahan tubuh, ternyata kandungan air dari jeruk lemon juga dapat bermanfaat sebagai penghalus kulit anda.

4. Apotek Hidup untuk Menambah Imunitas Tubuh

Selanjutnya, apotek hidup juga dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar dan sehat setiap hari. Biasanya tanaman yang mengandung vitamin C dapat diandalkan untuk menambah daya tahan tubuh. Vitamin C biasa didapat dari tanaman buah.

Contoh :

Ginseng

Namun adalagi tanaman apotek hidup yang bisa membantu anda dalam menambah daya tahan, salah satunya yang sudah sangat terkenal adalah tanaman ginseng. Tanaman yang memiliki bentuk seperti jahe ini terbukti selain dapat menghangatkan tubuh, dapat pula menambah stamina dan daya tahan tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Cara menanamnya pun tidak sulit, bisa ditanam pada pot-pot kecil, tanpa memerlukan ruangan yang luas.

Kencur

Tanaman lain yang biasa digunakan untuk menambah daya tahan tubuh antara lain tanaman kencur. Manfaat kencur biasa digunakan sebagai bahan alami dari jamu tradisional yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari orang yang meminumnya. Apabila anda lelah setelah seharian bekerja, dan besok pagi harus berangkat lagi ke tempat kerja, maka jamu beras kencur ini bisa membantu anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Apotek Hidup Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat lain dari apotek hidup adalah dapat memperlancar peredaran darah anda. Peredaran darah yang lancer akan membuat anda dapat terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung ataupun penyumbatan pembukuh darah.

Jahe

Ada banyak tanaman yang bisa anda tanam aga nantinya bisa anda konsumsi untuk memperlancar peredaran darah. Salah satunya adalah tanaman jahe. Manfaat jahe, selain bisa menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan, jahe juga berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah di dalam tubuh anda.

6. Apotek Hidup Menghangatkan Tubuh

Apabila anda pulang bekerja dari kantor dan kehujanan di dalam perjalanan pulang, anda pasti akan menggigil kedinginan ketika anda tiba di rumah. Inilah untungnya anda memiliki apotek hidup. Beberapa tanaman dalam apotek hidup dapat membantu anda dalam menghangatkan tubuh anda yang merasa kedingingan. Pelakunya antara lain adalah tanaman jahe. Rebuslah jahe hingga mendidih, kemudian minumlah air jahe tersebut, dan rasakan bagaimana nikmatnya kehangatan yang diberikan oleh air rebusan jahe tersebut dalam menghajar hawa dingin dari tubuh anda.

7. Menghemat Belanja Rumah

Tanpa disadari pengeluaran untuk membeli obat bisa jadi sangat besar. Dengan adanya Apotik Hidup kita bisa mendapatkan obat alternatif dengan sangat murah. Selain itu keperluan bumbu dapur dapat dipenuhi sebagian dari pekarangan. Penghematan belanja di sini dapat dialihkan untuk keperluan lain.

 

Leave a Reply