14 Manfaat Castor Oil (Minyak Jarak)

 

 

 

 

Buah jarak banyak ditemukan di daerah tropik. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek.  Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat ini ia makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan pagar ((Jatropha curcas L., Euphorbiaceae) merupakan tumbuhan semak berkayu yang minyak bijinya.

Berbagai kandungan  minyak jarak  yang dikenal  juga sebagai castor oil  punyak hasiat dan digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan.  Yakni:

Kandungan anti bakteri dan anti jamur menjadikannya mampu melawan folikel rambut, ketombe, dan infeksi kulit kepala.

Asam risinoleat membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang rambut tumbuh kembali.

Asam risinoleat juga mampu menjaga keseimbangan pH kulit kepala, membantu produksi minyak alami rambut, hingga mencegah kerusakan rambut akibat bahan kimia.

Antioksidan dalam minyak jarak juga mendukung keratin dalam rambut, serta membuat rambut lebih kuat, halus, dan tidak keriting.

Selain itu, castor oil memiliki sejumlah manfaat lain, yaitu:

  1. Pemerah dan Pelembab Bibir

 Tak perlu repot untuk membuat bibir merah secara alami, bahkan bibir anda akan terlihat lebih merona tanpa lipstik. Caranya dengan menerapkan minyak jarak pada bibir secara merata, biarkan selama 5 menit. Ulangi perawatan ini, 3 kali dalam sehari.

Pemakaian minyak jarak untuk perawatan bibir sekaligus berfung simenjaga kelembabannya. Dengen demikian mencegah kekeringan  dan bibir rpecah-pecah.

  1. Mengurangi Kerut Mata

 Kerutan lembut di sekitar mata manda penuaan ini membuat anda terlihat tua dari usia sebenarnya. Ambil bola kapas, basahi dengan minyak jarak. Terapkan pada lingkaran di sekeliling mata anda.

  1. Memudarkan Stretchmark Dan Bekas Luka

Tanda parut di kulit, dan bekas luka,  dapat disamarkan dengan menerapkan minyak jarak. Cukup dengan aplikasikan pada area kulit yang bermasalah. Dengan pemakaian rutin setiap hari, maka warna kulit lebih cerah.

  1. Mengobati Tumit Kaki Pecah-Pecah dan Kutil

Tumit retak pastinya menghilangkan rasa percaya diri, dan gangguan iritasi,  terutama bagi kaum wanita. Solusi bagi masalah ini adalah minyak jarak. Metode tradisional yang ampuh untuk mengatasi kulit kasar dan pecah-pecah.

 Selain menyembuhkan kulit tumit retak, minyak jarak ternyata juga ampuh untuk menghilangkan kutil.

 5. Melebatkan Rambut dan Mencegah Rontok

 Pemakaian  minyak jarak secara rutin pada rambut anda dapat mengurangi kerontokan.. Minyak jarak  juga sekaligu sberguna sebagai kondisioner, yang akan membuat rambut mengkilap. Untuk menumbuhkan rambut, siapkan 3 sdm minyak jarak, 1 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm minyak jajoba. Campur dan aduk ketiga bahan tersebut, terapkan pada kulit kepala anda. Basahi juga ujung rambut hingga pangkal.

  1. Mengurangi Bekas Jerawat

Wajah cantik atau ganteng pun akan pudar, dengan adanya noda hitam bekas jerawat. Cara tradisioanal untuk menghilangkan bekas jerawat, salah satunya dengan menerapkan minyak jarak pada area yang bermasalah

 7. Menebalkan alis mata

Wanita selalu ingin tampil cantik. Alis mata yang tebal, menjadi salah satu dambaan wanita. Cara alami untuk menebalkan alis mata, salah satunya dengan mengoleskan minyak jarak secara rutin.

  1. Mengurangi Ketombe

Sibuk menggaruk kulit kepala akibat ketombe? Jangan biarkan hal itu terjadi secara terus-menerus. Atasi dengan menerapkan minyak jarak pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, untuk mencegah kulit terkelupas. Nutrisi di dalamnya akan melindungi kulit kepala dan rambut dari infeksi jamur dan mikroba.

  1. Melembabkan Kulit Wajah

Polutan, radikal bebas menjadi pemicu penuaan kulit di wajah. Begitu pula dengan sengatan matahari. Minyak jarak dapat digunakan untuk membuat kulit wajah kering menjadi lembab kembali. Aplikasikan pada kulit anda secara teratur, untuk hasil terbaik.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

 Minyak jarak juga berkhasiat untuk mengatasi pigmentasi, flek hitam, dan kulit berminyak.

Leave a Reply