13 Masker Wajah Alami dan Cara Menyiapkannya

Masker digunakan untuk memperhalus kulit wjah, memutihkan, dan menghilangkan kerutan. Bahan masker yang terbaik adalah bahan alami, terbuat dari berbagaijenis buah atau sayuran, atau susu dan madu. Berikut disajikan  beberapa cara menggunakan masker dari bahan tumbuhan dan bahan alami tradisional lainnya.

  1. Masker Susu Murni

Ini merupakan cara untuk memberikan suatu perlakuan khusus yang cukup mewah untuk diri Anda di rumah tanpa perlu datang jauh-jauh ke tempat spa. Membuat masker dengan mencampur 1/4 cangkir susu bubuk dengan air cukup untuk membentuk pasta kental. Oleskan adonan tersebut merata terhadap kulit wajah, biarkan sampai benar-benar kering, lalu bilas dengan air hangat. Wajah Anda akan terasa segar dan diremajakan olehnya.

2. Masker Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu buah yang dapat digunakan sebagai salah satu cara memutihkan wajah alami. Kandungan pada buah bengkoang, dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sel kulit mati ini akan diganti dengan sel kulit yang baru dan akan membuat kulit lebih putih bersih. Selain itu bengkoang juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara membuat masker bengkoang, siapkan satu buah bengkoang, kupas sampai bersih. Selanjutnya parut bengkoang sampai halus. Peras air bengkoang dan digunakan untuk masker di wajah. Diamkan beberapa menit sampai kering, bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Masker Mentimun

Mentimun selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, juga dapat membuat wajah menjadi lebih putih. Mentimun juga sangat bagus buat anda yang mempunyai wajah berminyak. Cara membuat masker mentimun juga sangat mudah sekali.

Anda bisa menyiapkan satu buah mentimun dan satu gelas susu. Haluskan mentimun sampai keluar air sarinya. Campurkan air sari mentimun dan susu. Masukan ke dalam sebuah botol, dan diamkan beberapa menit ke dalam kulkas supaya terasa segar.

Gunakan setiap hari untuk hasil yang lebih sempurna. Tips memutihkan wajah dengan mentimun ini sudah banyak orang yang menggunakannya.

4. Masker Kentang

Cara agar wajah putih yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kentang. Kandungan di dalam kentang hampir sama dengan mentimun. Jika dilakukan secara rutin akan membuat wajah lebih putih bersih.

Caranya ambil 2 buah kentang, kupas dan cuci bersih. Parut sampai halus dan ambil air sarinya. Gunakan air sari kentang tersebut sebelum tidur. Diamkan beberapa menit supaya kering, selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Masker Pepaya

Masker Pepaya untuk mencerahkan kulit wajah: Potong buah pepaya yang sudah matang, sajikan buahnya untuk Anda makan karena baik sekali untuk pencernaan dan pakailah bagian dalam sisa buahnya untuk masker wajah yang alami. Caranya dengan menggosokkannya ke seluruh bagian wajah. Biarkan mengering selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Maskeran dengan buah pepaya ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu. Enzim dalam pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit wajah yang diakibatkan sinar matahari, mengurangi bintik-bintik hitam. Kulit Anda akan tampak lebih cerah.

6. Masker Beras

Cara memutihkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan beras sebagai masker. Beras dapat mengangkat sel kulit mati dan sebagai scrub yang akan membuat wajah lebih bersih. Anda bisa menggunakan butir berasnya atau air endapan beras.

Cara membuatnya yaitu dengan mengambil satu genggam beras, rendam dengan menggunakan air minimal 2 jam. Ambil beras dan tumbuk sampai halus, kemudian gunakan sebagai masker.

Jika ingin menggunakan air endapan beras, pada saat merendam beras setiap hari jangan buang airnya. Biarkan saja airnya, sampai ada sisa-sisa beras yang mengendap. Endapannya itu yang bisa anda gunakan sebagai masker.

7. Masker Pisang

 Buah Pisang memiliki kandungan yang tinggi untuk vitamin A, vitamin B, vitamin E dan Potasium yang masing-masing memiliki manfaat berbeda untuk kulit wajah. Anda bisa mencampurkan buah pisang sesuka Anda dengan macam-macam bahan masker wajah yang alami lainnya.

8. Masker Mayonaise

Masker Mayonaise, kenapa tidak? biasanya kan mayonaise ini dijadikan teman untuk menyantap salad sayuran dan buah-buahan. Kini mari kita bereksperimen, ternyata ada manfaatnya juga loh kalau mayonaise dijadikan masker untuk wajah. Teksturnya yang lembut akan membantu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah Anda. Segera Mencoba?

9. Masker Cuka Apel

Menggunakan cuka apel sebagai toner untuk kulit wajah masih menjadi cara yang efektif sampai saat ini untuk merawat wajah Anda. Sebelum memakainya cucilah muka Anda terlebih dahulu, campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 2 gelas air putih. Hanya saja masker dengan cuka apel ini beraroma asam dan kurang sedap, meskipun akan hilang dengan dicuci pakai air bersih.

10. Masker Oatmeal

Masker Oatmeal, jika Anda sedang mencari cara cepat yang dapat membuat perasaan lebih baik sebaiknya Anda pertimbangkan cara ini. Memberikan masker dengan berbahan dasar oatmeal dapat menjadi salah satu solusinya. Cara membuat masker oatmeal adalah campurkan 1/2 cangkir air panas tidak mendidih dengan 1/3 cangkir oatmeal. Setelah air dan oatmeal tercampur selama 2-3 menit, campurkan 2 sendok makan yoghurt polos, 2 sendok makan madu dan 1 buah putih telur kecil. Oleskan tipis-tipis masker yang sudah dibuat tersebut kepada seluruh bagian wajah dan biarkan 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat jika sudah selesai.

11. Masker Yoghurt

Masker Yoghurt  untuk membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori, memakai beberapa yoghurt tanp arasa dan aroma tambahan, di wajah Anda dan duduk selama sekitar 20 menit. Komposisinya campurkan 1 sendok teh yoghurt polos dengan jus dari 1/4 irisan jeruk dan 1 sendok teh aloe vera.

12. Masker Lemon

Masker Lemon akan membuat  kulit wajah Anda mengelupas dan lebih lembab. Campurkan 1 gelas perasan 1 buah jeruk lemon dengan 1/4 minyak zaitun atau minyak almond manis. Dapatkan tekstur kulit wajah yang lebih lembut dan lembab dibuatnya.

`13. Masker Telor

Masker Telur, jika Anda memiliki kulit kering dan ingin melembabkannya, ambil 1 buah telur dari kulkas dan pisahkan antara kuning telur dan putih telur. Gunakan putih telur dengan campuran perasan lemon atau madu. Anda akan menyukai suasana nyaman dan segar pada wajah Anda.

Demikialah 13 jenis masker alami yang bisa disiapkan sendri di rumah, dan digunakan dengan prakti ske wajah.

Selamat mencoba dan nikmati hasilnya.

 

Leave a Reply