13 Manfaat Bersepeda

Bersepeda itu menyehatkan. Dan banyak memberikan manfaat. Persatuan Konsumen Penang (CAP), menyebutkan ada 13 manfaat bersepeda bagi kita.

1. Mengurangi berat badan bila dilakukan secara teratur. Bersepeda meningkatkan konsumsi kalori dan meningkatkan tingkat metabolisme, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan kontrol tekanan darah sebesar 10/8 mmHg pada pasien hipertensi (Journal of Cardiovascular Pharmacology, 1995).

3. Menurunkan  denyut jantung. Tingkat detak jantung yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan kematian akibat penyakit kardiovaskular dan peningkatan risiko kematian mendadak setelah serangan jantung pada individu sehat.

4. Meningkatkan rasio kolesterol HDL (baik)/LDL (buruk). Jika rasio LDL terhadap HDL terlalu tinggi, itu berarti darah Anda dipenuhi dengan kolesterol lebih tinggi daripada kolesterol HDL yang bisa mengeluarkannya, yang berarti kolesterol berlebih terbentuk di dalam jaringan dan arteri. Akhirnya pengerasan arteri (aterosklerosis), yang menyebabkan sebagian besar serangan jantung, terjadi.

5. Mencegah penyakit jantung. Bersepeda secara reguler mengurangi dua kemungkinan terkena penyakit jantung, salah satu dari 3 penyakit pembunuh terbesar. Sebuah studi melaporkan penurunan 50% penyakit jantung fatal dan non-fatal pada pegawai negeri yang bersepeda lebih dari 20 mil / minggu.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung. Bersepeda juga mengurangi risiko stroke (pembunuh utama di Malaysia) dan penyakit jantung koroner. Dalam sebuah penelitian, olahraga teratur pada mesin siklus statis pada pasien dengan gagal jantung meningkatkan fungsi jantung (Lancet, 1990).

7. Mengurangi diabetes. Olahraga telah ditunjukkan untuk menyebabkan penurunan tingkat diabetes melitus. Pada pasien diabetes mellitus, olahraga teratur menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan dapat membantu mencegah timbulnya diabetes mellitus tipe 2.

8. Mengurangi kanker. Aktivitas fisik telah terbukti terkait dengan penurunan tingkat kanker (misalnya: kanker usus, dan mungkin juga kanker payudara) (European Journal of Epidemiology, 2000).

9. Mengurangi  kolesistektomi (operasi pengangkatan kantong kandung empedu) pada wanita (New England Journal of Medicine, 1999).

10. Meningkatkan Kebugaran  kehamilan. Bersepeda saat hamil meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Dan olahraga teratur dapat mengurangi persalinan (Bicycling, Juni 1988).

11. Mengurangi kecemasan, depresi dan stres (Preventive Medicine, 1988).

12. Meningkatkan kerjasama  otot-otot pernafasan (Laporan Royal College of Physicians, London; 1991).

13. Meningkatkan  kekuatan otot. Bersepeda adalah aktivitas bantalan yang tidak berbobot dan bersepeda teratur menyebabkan peningkatan kekuatan otot dan peningkatan mobilitas dan koordinasi (Allot & Lomax dan Institut Studi Kebijakan, 1998)

 

Dengan banyaknya manfaat dan kegunaan bersepeda, maka perbanyaklah kegiatan bersepeda Anda.