10 Manfaat Labu Siam

Labu siam adalah salah satu sayuran yang luas dimanfaatkan penduduk di Indonesia. Bisa disajikan dalam berbagai macam jenis masakan, mulai dari sebagai lalap setelah dikukus, dioseng, dilodeh, sayur bening, dan sebagainya. Labu siam juga dimanfaatkan sebagai campuran dalam koktail buah.

Selain rasanya yang ringan, segar, ternyata labu siam juga mengandung beberapa nutrisi penting yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini baca lebih banyak tentang khasiat dan manfaat sayur berbentuk buah ini:

Kandungan Gizi

Labu siem mengandung beberapa vitamin dan nutrisi penting lainnya. Satu setengah cangkir porsi menyediakan sekitar 17% dari kebutuhan vitamin C harian Anda.   Selain itu, buah sayuran ini juga mengandung vitamin B kompleks, seperti folat sejumlah 61 mcg dan sejumlah kecil niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu buah labu ini juga mengandung zat mineral seperti zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga

  1. Menghilangkan Kembung

Labu siam bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut. Jika anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam ternyata mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya yaitu untuk mengobati perut kembung.

2. Menjaga Kadar Koleseterol

Labu siam sama halnya dengan jenis labu lainnya, adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin.

Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Selain memberikan nutrisi, labu siam mungkin juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Purdue University mengatakan teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Teh yang mengandung daging labu siam memiliki sifat diuretik ringan, dan digunakan untuk mengobati penyakit kembung.

4. Sumber  Folat dan Vitamin B kompleks lainnya

Buah labu siem merupakan sumber cukup baik vitamin B kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

5. Mencegah Darah Tinggi

Seperti halnya dengan sayuran dari keluarga labu lainnya seperti zucchini, labu siam juga mengandung kalium yang cukup baik. 100 g buah labu siem segar mengandung sekitar125 mg kalium atau 2,5 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kalium bermanfaat penting terutama untuk melawan efek sodium, yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan darah tinggi.

6. Mencegah Anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

7. Anti Kanker dan Penuaan Dini

Labu siam juga mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit.

8. Sumber Vitamin C

Buah labu siem juga merupakan sumber anti oksidan vitamin C  yang cukup baik, yaitu sekitar 7,7 mg/100gram atau 13 % dari kebutuhan harian yang disarankan.

9. Sumber Stamina

Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

10. Mengobati Batu Ginjal

Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

Semoga bermanfaat.